Tips Yang Jarang Diketahui Untuk Perawatan Kulit Berjerawat


Berbicara mengenai jerawat sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang terutama para wanita yang menginginkan kulit bersih. Salah satu syarat kulit yang bersih yakni harus terhindar dari yang namanya jerawat. Munculnya jerawat dikarenakan adanya penyumbatan pada pori-pori kulit oleh bakteri maupun noda lainnya.
Tips Yang Jarang Diketahui Untuk Perawatan Kulit Berjerawat

Munculnya jerawat di muka terkadang membuat kita tidak pede tampil di depan umum, apalagi jerawat muncul di bagian muka yang menjadi salah satu titik fokus perhatian. Tetapi jika wajah kamu dirawat dengan perawatan yang benar, jerawat tidak akan muncul sehingga kulit kamu akan kinclong, mulus serta bersih dari jerawat.

Ada beberapa faktor mengapa kulit seseorang bisa muncul jerawat diantaranya yaitu karena faktor perubahan hormon, penggunaan kosmetik yang tidak sesuai dengan jenis kulit, muka tidak rutin untuk dibersihkan dan masih banyak lagi.

Lalu, bagaimanakah agar supaya kulit wajah terhindar dari jerawat? Nah, berikut ini adalah tips bagaimana perawatan kulit berjerawat yang bisa kamu simak ulasannya dibawah ini.

Selalu menjaga kebersihan kulit

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan menjaga kebersihan wajah dengan cara mencuci wajah secara rutin menggunakan sabun wajah. Selain itu juga kamu bisa menggunakan cleanser pada malam dan pagi hari. Kamu juga harus menjaga muka dari tangan yang kotor seperti jika sudah makan sesuatu atau menyentuh benda kotor lainnya. Jangan coba juga untuk menyentuh jerawat ketika wajah kamu berjerawat apalagi memencetnya sampai berdarah karena dapat menyebabkan infeksi dan iritasi.




Jangan gunakan eksfoliator pada saat wajah berjerawat

Jangan menggunakan eksfoliator ketika wajah kamu sedang berjerawat. Gunakan eksfoliator jika memang kulit wajah kamu benar-benar sudah bersih dari jerwat. Eksfoliator dapat digunakan jika ada bekas jerawat yang membandel. Jika kamu menggunakan eksfoliator dengan jenis scrub wajah, gunakan scrub tersebut dengan pijatan yang lembut karena jika menekan terlalu kuat dapat menjadikan kulit iritasi, kering atau dapat memicu terjadinya jerawat kembali.

Melakukan perawatan wajah secara rutin, dan tidak hanya saat wajah berjerawat saja

Beberapa orang melakukan perawatan wajah kerika hanya mucul jerawat saja  dan ketika jerawat sudah hilang malah tidak melakukan perawatan wajah sama sekali. Hal ini perlu anda perhatikan, karena kesehatan dan kebersihan kulit akan mempengaruhi munculnya jerawat. Ketika wajah kamu bersih dan sehat kemungkinan timbulnya jerawat akan sedikit. Kamu harus melakukan perawatan wajah sebelum, selama dan sesudah terjadinya jerawat.

Gunakan sunscreen

Banyak orang yang memilih untuk tidak menggunakan sunscreen ketika wajah sedang berjerawat karena beberapa alasan diantarnya yakni kulit akan berminyak ketika menggunakan sunscreen. Sepertinya hal tersebut harus difikirkan beberapa kali karena menggunakan sunscreen pada saat kulit sedang berjerawat sangatlah penting. 

Penggunaan sunscreen ketika wajah sedang berjerawat akan membantu melindungi kulit dari berbagai gangguan seperti paparan sinar matahari secara langsung, menghindari peradangan paska hiperpigmentasi dari debu, polusi maupun radikal bebas.

Menggunakan sabun wajah dan cleanser yang lembut

Ketika kulit berjerawat biasanya kulit akan menjadi sensitif. Oleh karena itu kamu harus pintar dalam memilih produk perawatan kulit yang sesuai dengan jenis kulit kamu agar tidak terjadi iritasi dan hal lainnya. Gunakan sabun pencuci muka yang lembut serta tidak mengandung scrub karena pada butiran scrub dapat merangsang pertumbuhan jerawat. 

Jika wajah kamu menggunakan make up, sebelum menggunakan sabun pembersih wajah, alangkah baiknya kamu gunakan terlebih dahulu cleanser barulah gunakan sabun wajah supaya mendapatkan hasil yang maksimal.

Gunakan toner berbahan alami

Toner berfungsi untuk mengontrol sebum atau minyak alami wajah secara berlebih dan juga supaya kulit wajah terasa lebih segar. Kamu bisa menggunakan toner berbahan alami seperti dari bahan aktif salicylic acid atau tea tree oil, kedua bahan tersebut dapat merawat kulit dengan baik terutama kulit dengan tipe acne prone.

Pilih pelembab yang ringan berbahan air

Ketika wajah kamu berjerawat gunakan pelembab yang mempunyai bahan ringan dan berbahan dasar air atau memiliki tekstur gel karena kedua bahan tersebut cocok digunakan bagi kulit yang sedang berjerawat. Pelembab sendiri dapat melindungi kulit wajah meskipun kulit kamu sedang mengalami jerawat.

Gunakan obat jerawat yang sesuai

Gunakan obat jerawat yang sesuai dengan kondisi kulit kamu dan dengan menggunakan obat jerawat dapat membantu mempercepat menghilangkan jerawat. Kamu bisa menggunakan obat jerawat berbahan sulfur, salicylic acid, benzoyl peroxide, dan tea tree.

Mengkonsumsi buah sayur dan minum yang cukup

Kulit tidak hanya harus dirawat dari luar tetapi juga harus dirawat dari dalam. Nah untuk perawatan kulit dari dalam kamu harus mengkonsumsi banyak buah dan sayuran yang baik bagi kesehatan. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur dapat membantu memberikan nutrisi bagi kulit, melancarkan sistem penceranaan dan pembuangan racun dari dalam tubuh sehingga kulit kamu akan tampak putih bersih dan sehat. Jangan lupa juga untuk meminum air dengan cukup agar tidak terjadi dehidrasi.

Selain perawatan diatas kamu juga harus menjaga keshetan dengan cara tidur yang cukup dan jangan begadang pada malam hari. Demikianlah tips yang jarang diketahui untuk perawatan kulit berjerawat semoga dengan adanya tips ini dapat membantu kamu. Selamat mencoba.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel