Inilah Perawatan Untuk Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Secara Alami


Apapun jenis kulitnya tak terkecuali baik wanita maupun pria bisa mengidap kulit kering meskipun hanya sekali saja sepanjang hidupnya. Jika seseorang mengidap kulit kering dan bersisik bisa jadi sulit untuk disembunyikan terlebih letaknya di wajah meskipun berias menggunakan make up dan hal itu tidak akan membantu, malah bisa jadi memperburuk masalah.
Inilah Perawatan Untuk Mengatasi Kulit Kering dan Bersisik Secara Alami

Ketika seseorang memiliki kulit kering dan bersisik dan bahkan merasakan gatal, kamu pasti menginginkan solusi yang instan dan tentunya cepat untuk mengatasi hal tersebut.

Nah, berikut ini merupakan beberapa perawatan  bagi kulit kering dan bersisik yang bisa kamu coba:

1. Kompres atau mandi dengan air yang hangat

Cobalah untuk mandi dengan air hangat tidak terlalu panas dan usahakan pada saat mandi tersebut tidak terlalu lama. Mengapa harus mandi dengan air hangat? Tentunya dengan mandi mengunakan air hangat setelah kamu seharian bekerja sangatlah menggoda, tetapi ada hal yang perlu diperhatikan jika kamu mandi menggunakan air hangat karena air yang panas dapat mengurangi sebum atau minyak alami dalam tubuh tetapi, kamu bisa mengatasinya dengan menggunakan baju pada saat mandi dengan air hangat agar kelembaban kulit tetap terjaga. Pakar kesehatan menyarankan pada saat mandi dengan air hangat usahakan tidak lebih dari 5 sampai dengan 10 menit supaya kelembaban kulit tetap terjaga.

Jika kamu tidak melakukan mandi secara keseluruhan, kamu bisa mengompres bagian kulit yang kering dan berisik dengan menggunakan kompresan air hangat. Gunakan;ah kain yang halus atau bisa juga menggunakan waslap bayi yang bersih kemudian masukan kedalam air yang hangat, gosok secara lembut secara melingkar guna mengangkat sel kulit mati. Ulangi hal ini beberapa kali dalam sehari guna mendapatkan hasil yang maksimal. Hal yang terpenting adalah selalu gunakan waslap baru ketika hendak mengompres. Jika selesai mengompres, keringkan kulit kemudian oleskan secara merata pelembab kulit.

2. Gunakan sabun wajah yang tepat sesuai dengan jenis kulit

Pada saat menggunakan sabun pembersih wajah sebaiknya kamu harus memperhatikan komposisi bahan yang digunakan dan juga sesuai dengan jenis kulit kamu, terlebih jika memiliki kulit yang sensitif. 

Ketika setelah menggunakan sabun pembersih wajah dan kulit kamu menjadi kering serta kencang bisa jadi produk tersebut tidak cocok dengan jenis kulit yang dimiliki. Pilihlah sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu dan usahakan tidak mengandung bahan sodium lauryl sulfate karena dapat mengurangi kelembaban kulit. Usahakan juga pilih produk yang terbebas dari pewarna dan pewangi serta memiliki label moisturizing.

3. Keringkan tubuh dengan baik

Kamu mungkin beranggapan bahwa ketika selesai membersihkan wajah maupun selesai mandi dapat meningkatkan kelembaban kulit. Dan hal tersebut merupakan hal yang tidak benar. Ketika air sudah benar-benar menguap dari permukan kulit, kulit kamu justru akan lebih kering dari sebelumnya. So, bisakan untuk mengeringkan kulit dari air menggunakan handuk yang lembut setelah mandi. 

Jangan menggunakan handuk yang memiliki tekstur kasar karena dapat mengakibatkan gesekan pada kulit sehingga akan merusak lapisan luar kulit dan akibatnya akan muncul iritasi serta menyebabkan kekeringan. Pada saat membersihkan bagian muka jangan menggosoknya tetapi dengan cara menepuk-nepuk supaya tidak terjadi iritasi. Kamu bisa mengeringkan kulit selama kurang lebih 20 detik.


4. Gunakan pelembab yang sesuai

Kamu bisa menggunakan pelembab untuk tetap menjaga kelembaban kulit dan bisa menggunakannya setelah mandi setiap dua kali sehari yakni pada malam sebelum tidur dan pada pagi hari. Kamu bisa gunakan pelembab yang mengandung bahan nonkomedogenik.

Jika kamu menginginkan hasil yang maksimal dan melembabkan gunakan produk pelembab yang mengandung bahan ceramides, gliserin, asam stearat, shea butter. Berbagai pakar kosmetik dan dokter kulit dari amerika mengungkapkan bahwa pelembab yang mengndung bahan asam laktat dapat membantu menanggalkan sel lapisan kulit paling atas pada kulit kering dan bersisik serta dapat menembus bagian paling bawah.

Jika sudah menggunakan pelembab namu kulit kamu tetap kering, kamu bisa menggunakan pelembab ini beberapa kali dalam sehari. Hindari penggunaan toner maupun astringent berbasis yang mengandung alkohol.

5. Gunakan petroleum jelly

Petroleum jelly dapat berkhasiat bagi kulit yakni bisa mengunci kelembaban kulit dan dapat membantu mengurangi kekeringan pada kulit. Jika kamu tidak sering melembabkan kulitm maka kulit akan bekerja keras untuk memperoduksi sebum guna menjaga kulit agar tidak mengering.

Petroleum jelly dapat menyegel dan mempertahankan kelembaban kulit hingga masuk kedalam kulit dan juga dapat berfungsi sebagai humektan. Petroleum jelly ini memiliki tekstur yang kental dan akan kelihatan menutupi pori-pori kulit. Tetapi kamu tidak perlu khawatir karena tidak akan sampai masuk kedalam pori-pori kulit.

Alternative lainnya adalah dengan menggunakan berbagai minyak alami lainnya seperti minyak almond, minyak zaitun atau minyak kelapa yang juga bisa digunakan untuk menjaga kelembaban kulit serta lebih baik dibandingkan dengan berbagai jenis krim yang ada di pasaran.

6. Merendam kulit dengan susu

Jika kamu memiliki jenis kulit kering bisa mencoba merendam kulit tersebut dengan susu. Kompres wajah menggunakan waslap yang bersih menggunakan susu dengan suhu yang dingin. Diamkan kompresan tersebut selama 10 menit, kemudian usap secara melingkar pada kulit tersebut. di dalam susu terkandung asam laktat dan lemak berguna sebagai pembersih wajah dan dapat memberikan kelembaban yang lebih pada kulit.

7. Menggunakan masker wajah buatan sendiri

Jangan menggunakan peeling wajah yang mempunyai tekstur kasar serta jangan juga menggunakan masker wajah tanah liat untuk beberapa waktu karena dapat mengeringkan kulit dan membuat kelembaban kulit menurun.

Sebagai alternatifnya kamu bisa membuat masker wajah secara alami untuk perawatan kulit yang kering dan berisik dengan menggunakan masker alpukat yang dicampur dengan madu. Masker alpukat dan madu ini bisa kamu gunakan karena mengandung bahan humektan dan sterolin sehingga dapat mengatasi jenis kulit yang kering. 

Untuk membuat masker ini kamu bisa menggunakan daging apukat yang sudah dipisahkan bijinya kemudian tumbuk sampai halus dan masukan satu sendok madu dan campurkan sampai merata. Oleskan masker tersebut ke bagian wajah yang kering dan diamkan sekitar 15 menit, terakhir bersihkan menggunakan air bersih.

Selain maker yang terbuat dari alpukat madu kamu bisa mengunakan masker yang terbuat dari pisang dan yogurt. Masker ini dapat berfungsi untuk mengangkat selkulit mati dan juga melembabkan kulit. Cara membuat masker ini adalah dengan menubuk dan mencampurkan pisang dengan satu sendok yogurt secara bersamaan sampai terlihat lembut. Gunakan masker ini ke bagian wajah yang kering kemudian diamkan selama kurang lebih 30 menit dan untuk membersihkannya bisa menggunakan air bersih.

Kamu juga bisa memanfaatkan lidah buaya dengan cara memanfaatkan gelnya saja yaitu dengan cara mengoleskannya pada bagian kulit yang kering dan tunggu sekitar 15 menit dan terakhir bilas dengan menggunakan air hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal setelah maskeran, kamu bisa mengoleskan pelembab kulit.

8. Menggunakan tabir surya

Paparan sinar matahari secara langsung bisa menyebabkan kulit menjadi kering bersisik, menjadi kasar bahkan menjadi keriput. Kamu bisa menggunakan tabir surya untuk mencegah terjadinya hal tersebut dengan komposisi bahan SPF 30 secara berkala yakni setiap akan keluar dari rumah dan jangan lupa gunakan pakaian yang tertutup. Jika cuaca sedang terik gunakan pelindung seperti topi dan menggunakan baju yang panjang, longgar dan tipis. 

Dan jika cuaca sedang dingin jangan lupa untuk berpakaian yang berlapis serta menggunakan jaket dan sarung tangan karena suhu yang terlalu dingin maupun panas dapat membuat iritasi kulit. Gunakan juga lip balm yang mengandung bahan tabir surya seperti SPF 15 dan gunakan masker untuk menutupi bibir.

Demikianlah perawatan untuk mengatasi kulit kering dan bersisik secara alami cara-cara diatas bisa kamu coba dan sebaiknya untuk mendapatkan hasil maksimal kamu bisa berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan mintalah rekomendasi perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit yang dimiliki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel