Resep Alami Perawatan Kecantikan Wajah dan Gampang untuk Membuatnya

Bagi setiap orang terutama perempuan menginginkan mempunyai wajah cerah, putih dan bersih. Untuk mendapatkan hasil tersebut mereka biasanya menggunakan riasan makeup supaya tampilan wajah lebih bersinar. Tetapi juga banyak orang yang tidak mengetahui bahwa untuk mendapatkan wajah mencerahkan dan sehat bisa menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita.

Seperti yang kita ketahui bersama produk kecantikan seperti makeup mengandung bahan sintetis sehingga dapat menimbulkan efek negatif jika kita salah menggunakannya. Efek tersebut bisa berupa alergi bahkan bisa menghalangi pori-pori kulit untuk bernafas.
Resep Alami Perawatan Kecantikan Wajah dan Gampang untuk Membuatnya
Dengan menggunakan masker berbahan alami untuk merawat kesehatan kulit setidaknya dapat mengurangi penggunaan makeup atau bahkan kita bisa berani tampil tanpa makeup di depan umum. Untuk merawat kulit agar tetap sehat dan bersinar tentunya ada beberapa hal yang harus dilakukan dan salah satunya menggunakan masker berbahan alami seperti dari buah-buahan.

Bahan apa sajakah yang bisa digunakan untuk mencerahkan dan memutihkan kulit?

Memang kita akui bersama bahwa dengan menggunakan makeup wajah dapat menjadi putih dan cerah tetapi hanya bersifat sementara yaitu ketika makeup menempel di wajah. Bisa jadi ketika saat memakai makeup terilhat cantik dan pada saat tidak memakai makeup malah sebaliknya.

Untuk mendapatkan kulit wajah yang bersinar dan sehat kamu bisa menggunakan makeup berbahan alami sehingga dapat tampil lebih natural namun terlihat cantik tanpa harus menggunakan makeup. Perlu kesabaran dan ketekunan dalam mewujudkan hal tersebut jika ingin mendapatkan hasil yang memuaskan. Lalu, bahan-bahan alami apasajakah yang dapat digunakan untuk membuat masker alami? Nah, untuk lebih jelasnya simak ulasannya dibawah ini ya!

Pisang

Buah pisang dapat bermanfaat bagi kesehatan kulit wajah yaitu sebagai pelembab alami. Selain sebagai pelembab alami, kandungan vitamin A dalam buah pisang mampu memperbaiki kulit muka yang kering, kusam dan rusak.

Bahan yang harus dipersiapkan untuk membuat masker ini yaitu 2 sdt madu, 1 buah pisang matang. Untuk membuatnya yaitu blender madu dan buah pisang sampai terlihat hancur. Oleskan ke bagian wajah sampai dengan leher, diamkan sekitar 15 menit. Bilas dengan air hangat untuk membersihkan masker, kemudian bilas dengan air bersuhu normal sebagai penutup.

Baca juga: Cara Perawatan Kulit Wajah Setiap Hari Agar Bersih Maksimal

Kunyit

Efek hiperpigmentasi pada kunyit dapat memiliki khasiat yang baik bagi kulit yaitu dapat memutihkan kulit wajah. Selin itu juga di dalam kunyit terkandung kurkumin, antiinflamasi, antibakteri yang bermanfaat baik bagi kesehatan. Kurkumin di dalam kunyit efektif mengobati luka bakar, iritasi kulit dan dapat menghilangkan rasa sakit karena sengatan sinar matahari.

Cara membuat masker ini adalah kamu harus menyiapkan bahan 1 s.d 2 sdt air tawar, ½ sdt bubuk kunyit, 1 sdt baking powder. Campurkan baking powder dengan kunyit lebih dulu, kemudian masukan air tawar tadi dan di aduk perlahan hingga membentuk pasta. Oleskan ke bagian wajah sampai leher diamkan selama kurang lebih 5 menit. Pijit perlahan mrnggunakan jari tangan dengan keadaan jari basah secara melingkar agar sel kulit mati pada wajah terangkat. Bilaslah dengan air hangat untuk membersihkan masker dan bilas kembali dengan air bersuhu normal. Terakhir, tepuk-tepuk secara perlahan bagian wajah saat hendak mengeringkannya.

Jeruk

Selain buah melon ternyata sepupunya yaitu buah jeruk memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan kulit wajah. Tetapi kita tidak akan memanfaatkan buahnya akan tetapi memanfaatkan kulitnya. Di dalam kulit jeruk terkadnung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan sehingga dapat meregenerasi kulit mati akibat radikal bebas.

Manfaat lainnya yaitu dapat mencerahkan kulit karena dapat berfungsi sebagai bleaching alami guna mencerahkan kulit yang kusam.

Untuk membuatnya yaitu siapkan kulit jeruk yang sudah dijemur selama 3 hari dan giling hingga terlihat halus. Masukan juga bubuk kayu cendana serta air secukupnya sampai berbentuk pasta. Oleskan pada wajah sampai leher dan diamkan sekitar 30 menit. Bilaslah dengan air bersih untuk membershikannya. Kamu juga dapat menyimpan sisa masker ini di wadah kedap udara dan bisa digunakan kembali jika perlu.

 Alpukat

Buah alpukat memang menjadi buah ‘primadona’ untuk perawatan kulit, tak hanya itu saja jika buah ini dikonsumsi dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh karena memiliki kandungan yang baik. Di dalam buah alpukat terdapat vitamin, antioksidan dan asam lemak sehat yang berguna untuk meregenerasi kulit rusak serta mencerahkan kulit kusam.

Untuk membuat masker ini siapkan bahan yaitu 1 sdm madu dan 1 buah alpukat matang. Kupas dan buang biji alpukat kemudian tumbuk daging buahnya sampai halus. Setelah di tumbuk, masukan madu yang sudah disiapkan tadi dan aduk sampai merata. Oleskan ke leher hingga wajah, diamkan sekitar 15 menit. Terakhir, bilas dengan air hangat untuk membersihkannya.

Masker Timun

Mentimun selain bisa dimakan sebagai rujak petis ternyata juga bisa digunakan untuk perawatan wajah alami. Sudah kita ketahui bersama bahwa didalam mentimun terdapat banyak mineral dan air sehingga membantu mencerahkan kulit kusam dan juga melembabkannya. Selain itu juga mentimun dapat mencerahkan kulit wajah dengan menghambat pigmentasi, menghilangkan lingkar hitam dan menghilangkan bekas jerawat di wajah.

Untuk membuatnya yaitu parut mentimun dan lumatkan menggunakan blender hingga seperti pasta. Oleskan pada wajah sampai leher sampai merata, diamkan selama 15 sampai 20 menit. Bilaslah dengan air hangat untuk membersihkannya.

Masker Minyak Zaitun

Jika kamu memiliki kulit wajah yang mudah terkena jerawat, dengan menggunakan minyak zaitun dapat mengurangi pertumbuhan bakteri dan mencegah terjadinya jerawat. Selain itu juga dapat membuat kulit menjadi cerah dan segar.

Untuk membuat masker ini kamu harus menyiapkan bahan-bahan yaitu 1 sdm kaolin clay untuk kosmetik berwarna putih, 1 sdm minyak zaitun murni. Campurkan minyak zaitun dengan kaolin clay hingga merata dan oleskan pada wajah dan diamkan sampai kering lalu bilas dengan air hangat untuk membersihkannya.

Masker Bengkoang

Bengkoang merupakan buah yang sangat bermanfaat bagi perawatan kulit wajah jika kita gunakan untuk masker. Kandungan buah ini sering kita jumpai dalam produk pemutih wajah karena dapat  membantu menyehatkan dan memutihkan kulit, karena di dalam bengkoang terdapat kandungan vitamin B1 dan Vitamin C.

Untuk membuat masker alami ini bersihkan buah bengkoang dan kupas kulitnya kemdian hancurkan menggunakan blender. Ambil sari dari buah bengkoang yang sudah dilumatkan tadi dan simpan di wadah.  Biarkan selama beberapa jam hingga terbentuk suatu endapan dan edapan inilah yang nantinya akan kita gunakan untuk masker wajah. Oleskan di wajah sampai leher secara merata diamkan sekitar 15 menit. Bilas dengan air bersih untuk membersihkannya. Untuk mendapatkan hasil yang maskimal gunakan masker ini dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Lidah Buaya

Tidak banyak diketahui oleh orang bahwa lidah buaya mengandung zat aloesin yang bermanfaat untuk memutihkan kulit. Zat ini dapat menghambat pertumbuhan melanin. Melanin merupakan zat yang dapat menyebabkan kulit wajah menjadi gelap.

Untuk membuatnya siapkan 2 sdm krim susu, 1 sdm lidah buaya berbentuk gel dan sejumput kunyit. Cara membuatnya yaitu satukan bahan-bahan tadi hingga terlihat seperti adonan seperti pasta yang pekat. setelah itu oleskan kebagian wajah hingga leher dan diamkan selama 20 s.d 30 menit. Terakhir bilaslah dengan air hangat untuk membersihkannya.

Tomat

Buah tomat yang berwarna merah ini memang terkenal dan sering dipakai untuk perawatan kecantikan. Di dalam buah tomat terdapat Lycopene yang merupakan antioksidan berfungsi untuk melindungi kulit dari efek sinar matahari, menangkal radikal bebas dan memberikan nutrisi bagi kulit sehingga wajah akan terlihat cerah, bersinar dan berseri.

Untuk membuat masker ini ada beberapa bahan yang harus disiapkan yaitu, 3 sdt buttermilk, 2 sdt air tomat dan cotton ball secukupnya. Cara buatnya yaitu potong beberapa bagian buah tomat kemudian peras dan ambil air perasannya. Satukan 3 sdt buttermilk dengan air perasan buah tomat tadi kemudian aduk sampai merata. Oleskan ke wajah hingga leher menggunakan cotton ball dan diamkan selama 30 menit. Terakhir bilaslah menggunakan air bersih untuk membersihkan masker dari wajah.

Susu dan Madu

Madu selain bisa dikonsumsi, bisa juga dimanfaatkan sebagai masker perawatan wajah. Madu dapat dijadikan pelembab alami wajah dan juga dapat mengangkat sel kulit mati sehingga menjadikan kulit lebih cerah dan bersinar. Selain itu juga madu berfungsi sebagai antibiotik yang dapat mencegah terjadinya jerawat dan bakteri lainnya yang dapat merugikan kulit.

Didalam susu terkandung vitamin B6 dan Vitamin D sehingga bermanfaat bagi kulit untuk meningkatkan produksi kolagen yang dapat menjaga serta merawat kulit tetap sehat dan segar. Selain itu juga susu merupakan bahan alami yang dapat membantu memutihkan kulit.

Untuk membuat masker ini kamu harus menyiapkan beberapa bahan diantarnya yaitu 2 sdt madu, 2 sdt susu dan cotton ball. Hangatkan terlebih dahulu 2 sdt teh susu dan campur dengan madu. Oleskan pada wajah secara merata selagi hangat menggunakan cotton ball dan biarkan sekitar 15 s.d 20 menit supaya meresap ke dalam kulit.  Gunakan air hangat untuk membersihkan masker dari wajah.

Masker Putih Telur

Telur memang memiliki kandungan protein yang cukup banyak baik bagi nutrisi tubuh dan juga baik untuk kesehatan kulit. Telur memiliki khasiat untuk menghilangkan minyak dan dapat mengencangkan kulit berkat efek lengket pada puith telur. Dengan pemakaian yang rutin dapat menjadikan kulit tampak lebih cerah dan segar.

Untuk membuat masker ini kamu harus menyiapkan 1 butir telur ayam ambil bagian putih telurnya saja dan kocok hingga merata sampai berbusa. Setelah itu masukan minyak almond yang sudah disiapkan tadi dan aduk lagi hinga benar-benar merata. Oleskan ke setiap bagian mulai dari muka sampai leher dan diamkan sekitar 10 s.d 15 menit. Untuk membersihkannya bilash menggunakan air hangat dan kemudian bilas lagi dengan air dingin.

Buah Stroberi

Buah yang memiliki warna merah ini mengandung vitamin C serta antioksidan yang dapat memberikan nutrisi untuk kulit. Vitamin C sendiri memiliki manfaat untuk mencerahkan kulit wajah, mengurangi keriput, dan dapat membantu untuk memutihkan kulit.

Bahan dasar untuk membuat masker ini yaitu siapkan sekitar 7 sampai dengan 10 buah stroberi dan  juga 1 sendok teh madu. Untuk buah stroberinya sendiri siapkan buah yang benar-benar segar bukan buah yang berbentuk beku, kaleng atau yang lainnya.

Untuk membuatnya sangatlah mudah yaitu dengan menghancurkan atau memblendernya bersamaan dengan madu sehingga terlihat seperti bubur. Jika sudah, oleskan kebagian kulit wajah sampai leher dan diamkan sekitar 15 s.d 20 menit. Bilas dengan air hangat guna membuka pori-pori kulit dan kemudian basuh menggunakan air bersih bersuhu normal.

Oatmeal

Oatmeal dapat digunakan sebagai masker alami bagi kulit wajah karena memiliki tekstur yang kasar dan dipakai exfoliator alami untuk menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat pertumbuhan sel kulit baru. Hasilnya kulit wajah akan menjadi bersinar dan akan tampak terlihat lebih muda.

Untuk membuat masker ini kamu harus menyiapkan bahan berupa 1 sdt madu, 2 s.d 3 sdt susu dan 2 sdt oatmeal. Campurkan susu, madu dan oatmeal sampai terlihat seperti pasta. Gunakan masker wajah ini ke bagian muka sampai leher dan diamkan selama 20 menit. Untuk membersihkan masker ini gunakan air bersih bersuhu normal.

Toner Cuka Apel

Salah satu bahan alami untuk membuat masker alami adalah dengan memanfaatkan cuka apel. Di balik aroma yang menyengat siapa sangka ternyata terkandung berbagai manfaat yaitu bisa membantu mencerahkan, menghaluskan dan memutihkan kulit serta dapat meregenerasi sel-sel kulit mati.

Kamu bisa menggunakannya sebagai toner wajah karena cuka apel berbentuk cair. Untuk membuatnya campurkan cuka apel kira kira 5 ml dengan air 95 ml dan aduk hingga merata. Siapkan kapas dan celupkan ke cuka apel. Oleskan pada wajah sampai merata dan diamkan selama 10 menit. Terakhir bilas dengan air bersih untuk membersihkannya. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, gunakan masker ini dua hingga tiga kali dalam seminggu.

Masker Kentang

Di dalam kentang terdapat kandungan yang bermanfaat bagi kulit yaitu kandungan antioksidan berguna untuk mencerahkan serta menyamarkan bintik hitam pada wajah.

Untuk membuatnya yaitu siapkan 1 sdm susu dan kupas kulit 1 buah kentang. Setelah di kupas, rebus hingga terlihat matang. Haluskan kentang yang sudah direbus kemudian campurkan 1 sdm susu aduk hingga rata. Oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 15 menit. Terakhir bilaslah menggunakan air hangat untuk membersihkannya.

Beras

Beras tidak hanya bisa di konsumsi tetapi kita bisa manfaatkan sebagai masker alami untuk perawatan wajah. Jika kamu biasa membuang cucian air beras maka mulai dari sekarang simpan air bekas cucian beras tersebut dan biarkan mengendap. Endapan dari air cucian beras inilah yang nantinya kita manfaatkan sebagai masker alami wajah karena terdapat kandungan allantoin dan Asam ferulic yang dapat melindungi kerusakan dan mencerahkan kulit.

Untuk membuatnya kamu siapkan 4 sdm beras yang belum dicuci kemudian tuangkan kedalam wadah berisi air kira-kira setengah gelas. Kocok hingga merata sampai air didalam gelas tersebut menjadi putih. Siapkan kapas dan celupkan pada gelas tersebut hingga bagian bawah, oleskan ke wajah secara merata dan diamkan sekitar 20 s.d 30 menit. Bilas dengan air dingin untuk membersihkannya.

Masker Pepaya

Buah pepaya dapat membantu memutihkan kulit karena terkandung enzim papain. Selain itu juga di dalam buah ini terkandung vitamin E, vitamin C dan vitamin A guna berperan sebagai antioksidan untuk membantu melembabkan dan mencerahkan kulit.

Cara membuat masker alami ini yaitu siapkan satu buah pepaya berukuran kecil dan 1 sdt madu. Lumatkan pepaya sampai hancur dan campurkan dengan madu yang sudah disiapkan tadi. Oleskan ke bagian wajah sampai leher diamkan sekitar 20 menit. Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat untuk membersihkannya.

Masker Yogurt

Yogurt selain dapat menyehatkan pencernaan ternyata yogurt juga dapat membantu mencerahkan dan menyehatkan kulit wajah karena didalam yogurt terdapat kandungan vitamin B5. Selain itu juga yogurt dapat membantu menyamarkan bintik hitam pada wajah. Di dalam yogurt juga terkandung kalsium dan asam laktak guna membantu wajah terlihat segar dan melembabkan kulit.

Untuk membuatnya siapkan 1 sdt perasan jeruk atau lemon dan ½ cangkir yogurt asam kemudian campurkan sampai merata. Oleskan pada wajah dan leher, diamkan kurang lebih 15 menit. Terakhir, bilaslah dengan air hangat kemudian air dingin agar pori-pori pada wajah segera menutup.

Demikianlah resep alami perawatan kecantikan wajah namun untuk membuatnya sedikit memakan waktu. Tetapi, jika hasilnya sepadan dan memuaskan sepertinya tidak menjadi masalah. Perawatan alami ini harus rutin digunakan guna mendapatkan hasil yang maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel