Penyebab dan Cara Pengobatan Komedo


Sering kita temui komedo pada wajah lalu apa sebenarnya komedo itu? Komedo merupakan benjolan kecil yang terdapat di wajah dan muncul di bagian pori-pori kulit. Komedo juga dapat menjadi ciri timbulnya jerawat. Komedo bisanya muncul dibagian wajah, tetapi dapat muncul juga di bagian tubuh lainnya seperti dada, punggung dan bahu.
Penyebab dan Cara Pengobatan Komedo
Komedo sebenarnya tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi bisa berubah menjadi sakit bila mengalami infeksi. Infeksi inilah yang nantinya menyebabkan kulit menjadi bengkak, kemerahan sampai timbulnya jerawat.


Komedo bisa muncul karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh sebum dan sel kulit mati. Komedo dapat muncul berwarna putih jika permukaannya tertutup kulit.

Beda halnya jika komedo muncul tidak tertutup oleh kulit, permukaannya dapat terpapar oleh lingkungan luar dan akan berubah menjadi coklat sampai kehitaman dan komedo inilah biasa disebut sebagai komedo hitam.

Penyebab Komedo

Komedo akan muncul jika sebum atau minyak dan sel-sel kulit mati berkumpul menyumbat bagian pori-pori kulit. Sebum sendiri diproduksi oleh kelenjar minyak di dalam pori-pori kulit. Komedo akan menjadi hitam tatkala terpapar oleh lingkungan luar seperti udara.
Beberapa penyebab atau faktor mengapa seseorang timbul komedo di kulitnya:
  • Perubahan hormon, seperti menstruasi, pubertas yang menyebabkan produksi sebum meningkat
  • Terpapar bahan sintetis pada kosmetik seperti propylene glycol dan isopropyl myristate
  • Bakteri di permukaan kulit meningkat
  • Menkonsumsi makanan atau minuman yang terlalu mengandung banyak lemak dan gula.
  • Karena iritasi di bagian pori-pori kulit yang disebabkan oleh perawatan sinar laser, mencuci wajah terlalu kasar hingga efek samping penggunakan produk kecantikan yang tidak sesuai dengan jenis kulit.
  • Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok
  • Menkonsumsi obat-obatan seperti pil KB, lithium dan kortikosteroid
  • Kulit terlalu lembab, entah itu karena lingkungan, atau karena produk pelembab wajah 


Pengobatan Komedo

Komedo dapat ditangani dengan cara mengurangi produksi sebuh secara berlebihan, membunuh bakteri dan membantu regenerasi kulit mati. Untuk menanganinya kamu bisa menggunakan krim berbahan benzoyl peroxide yang dapat mudah di jumpai di pasaran. Bisa juga menggunakan pore pack namun sifatnya sementara dan bisa digunakan jika ada acara mendadak agar membuat wajah bebas dan bersih dari komedo.

Jika sudah menggunakan krim yang tadi tetapi masih saja tidak ada efeknya, kamu bisa menemui dokter spesialis kulit untuk berkonsultasikannya. Dokter spesialis kulit akan memberikan krim berbahan adapalene, tretinoin atau azelaic acid guna untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan mencegah penyumbatan pori-pori kulit. Bila komedo terlanjur berubah menjadi bisul atau jerawat, dokter biasanya memberikan krim berbahan antibiotik.

Selain itu, dokter spesialis kulit akan memberikan penanganan untuk menghilangkan komedo diantaranya yaitu:
  • Mengeluarkan komedo dengan cara manual menggunakan cara khusus
  • Menggunakan terapi laser untuk membunuh bakteri penyebab komedo dan mengurangi produksi sebum berlebih
  • Peeling. Dokter dapat melepas sel kulit pada bagian luar menggunakan bahan kimia. Penyebab sumbatan pada pori-pori pada kulit akan terangkat dan akan menadikan kulit menjadi halus
  • Mikrodermabrasi. Dokter akan melakukan Mikrodermabrasi untuk membersihkan permukaan kulit terluar menggunakan cara dan alat khusus sehingga akan menghilangkan penyebab komedo yang ada.

Pencegahan Komedo

Supaya tidak timbul komedo di kulit wajah, kita tentunya harus menjaga kesehatan kulit. Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa penyebab komedo akibat adanya sumbatan di pori-pori kulit. Berikut ini beberapa tips untuk mencegah terjadinya komedo di wajah:
  • Rutin mencuci wajah minimal dua kali sehari yaitu sebelum tidur di malam hari dan bangun tidur pada pagi hari menggunakan sabun pembersih yang sesuai dengan jenis kulit kamu.
  • Minyak pada rambut dapat menjadi pemicu timbulnya komedo, oleh karenanya keramaslah rambut setiap hari jika tipe rambut kamu memiliki tipe rambut berminyak.
  • Bersihkan tangan dan kuku dari bakteri untuk menghindari perpindahan bakteri dari tengan ke wajah
  • Ganti atau cuci seprai tempat tidur dan sarung bantal minimal seminggu sekali untuk menghilangkan sisa-sisa minyak dan kotoran pada tempat tidur
  • Gunakan produk perawatan kulit untuk meregenerasi sel-sel kulit mati
  • Gunakan perawatan wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel