Inilah Tips Perawatan Kulit Agar Awet Muda yang Jarang Diketahui Orang

Banyak sekali orang terutama perempuan menginginkan wajah yang sehat, putih, halus, kencang, bercahaya serta terlihat glowing hingga rela mengeluarkan uang untuk menghasilkan kulit tersebut. Lalu, apakah kamu bisa membuat kulit supaya tetap terlihat muda meskipun umur sudah tidak muda lagi? Jawabannya adalah bisa. Yups, kamu akan tetap terlihat muda jika kulit kamu dirawat dengan perawatan yang tepat.

Inilah Tips Perawatan Kulit Agar Awet Muda yang Jarang Diketahui Orang

Meskipun perawatan kulit idealnya dilakukan ketika menginjak usia remaja, tetapi untuk melakukan perawatan kulit dapat dilakukan kapan pun termasuk usia kamu saat ini. Pepatah mengatkan bahwa mencegah itu lebih baik daripada kita mengobati dan pepatah ini juga berlaku untuk perawatan kulit. Seperti pada judul diatas tujuan dari dibuatnya artikel ini adalah untuk melakukan perawatan kulit agar proses penuaan alami kulit bisa diperlambat sehingga kulit wajah kamu akan tetap muda meskipun usia kamu tidak remaja lagi.

So, jika kamu belum pernah melakukan perawatan kulit sama sekali tidaklah masalah, seperti kata pepatah bahwa tidak ada kata terlambat untuk belajar, nah untuk perawatan kulit pun demikian tidak ada kata terlambat untuk melakukan perawatan kulit agar sehat dan dapat terlihat tetap awet muda. Berikut ini adalah tips perawatan kulit agar awet muda yang jarang diketahui atau bahkan kamu pernah melakukannya tetapi tidak sadar hal ini dapat membantu memperlambat proses penuaan kulit.

Gunakan tabir surya dan hindari pancaran sinar matahari secara langsung

Hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghindari paparan sinar matahari secara langsung karena pancaran sinar radiasi ultraviolet dari matahari dapat menjadikan kulit kamu cepat keriput. Terlebih iklim cuaca kita merupakan daerah tropis.

Dengan pancaran sinar matahari langsung, kulit akan mengalami kekeringan berkurangnya kelembaban kulit, muncul flek hitam, menyebabkan peradangan sampai yang paling parah akan menyebabkan kanker kulit. Untuk mengatasinya kamu bisa menggunakan tabir surya pada kulit jika hendak bepergian ke luar ruangan khususnya pada jam sepuluh sampai dengan jam dua siang. Kamu bisa menggunakan tabir surya yang mengandung bahan SPF 24 guna melindungi kulit dari pancaran sinar radiasi ultraviolet A dan ultraviolet B. Gunakan juga pakaian yang dapat melindungi bagian tubuh seperti menggunakan baju dengan lengan panjang dan topi untuk membantu perlindungan secara menyeluruh.

Baca juga: Penyebab dan Cara Pengobatan Komedo

Jaga kelembaban kulit

Biasakan mandi setiap dua kali sehari karena dengan mandi kamu bisa menghilangkan kotoran maupun bakteri yang berada di tubuh. Tetapi juga jangan berlebihan karena jika kamu terlalu sering mandi apalagi mempunyai hobi berenang yang menghbaiskan waktu di dalam air karena dapat menyebabkan kulit kering ditambah penggunaan sabun mandi yang kurang tepat dapat mempercepat proses penuaan kulit.

Untuk mengatasi kulit kering kamu bisa menjaga kelembaban kulit dengan cara menghindari kebiasaan mandi lama, menghindari penggunaan sabun yang memiliki bahan iritan, mandi dengan air panas terlalu sering dan bisa menggunakan pelembab untuk jenis kulit kering.

Gunakan pelembab dengan kondisi kulit kamu dan usahakan pelembab tersebut memiliki komposisi bahan yang mengandung SPF yang bertujuan untuk dapat digunakan setiap hari terutama bagi kamu yang bekerja di luar ruangan dengan pancaran sinar matahari secara langsung. Selain kandungan SPF tadi kamu juga bisa memilih pelembab berbahan petroleum jelly karena berkhasiat untut mengunci kelembaban kulit. Gunakan pelembab ini kesetiap bagian tubuh secara merata terutama setelah mandi.

Gaya hidup sehat dan tidak merokok

Untuk mendapatkan kulit yang awet muda, kamu harus melakukan gaya hidup sehat seperti tidak merokok yang nyatanya tidak baik bagi kesehatan tubuh dan juga kulit. Asap rokok dapat merusak kolagen serta serat yang berfunsi untuk memberikan elastisitas pada kulit atau biasa juga disebut sebagai elastin. Selain itu juga, merokok dapat memperlambat aliran darah pada kulit sehingga kulit akan kekurangan oksigen dan juga nutrisi. Inilah mengapa kulit kamu akan terlihat kusam, keriput dan terlihat tua.

Selain merokok juga kamu harus memperbanyak makan buah dan sayur serta menghindari makanan instan dan gorengan. Makanlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh, omega 3 serta banyak mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin C dan vitamin E. Kamu dapat memakan buah serta sayur seperti bayam, wortel, brokoli, buah mangga, jeruk, tomat anggur, pepaya, alpukat, ikan, telur dan kacang-kacangan.

Dengan memakan buah dan sayur tersebut tidak hanya menjadikan kulit kamu sehat dan kencang tetapi juga dapat menghidari terjadinya penyakit kanker dan jantung.
Kamu juga harus menjaga kandungan air dalam tubuh dengan cara meminum air mineral yang cukup guna menghindari terjadinya dehidrasi dan dapat menjaga kelembaban kulit.

Olahraga dan Mengelola Stres

Dengan mengubah menu makan dan pola makan yang baik juga ternyata tidak cukup dan harus dibarengi dengan olahraga. Ubahlah gaya hidup kamu sperti yang tadinya tidak suka berolahraga mulai dari sekarang aktiflah berolahraga kembali dan maksimalkan waktu tidur kamu seperti tidur pada waktunya serta tidak begadang di malam hari karena hal ini dapat berdampak positif bagi kulit.
Dengan berolahraga dapat meningkatkan, melancarkan dan meningkatkan aliran nutrisi bagi kulit dan tidur dengan waktu yang cukup dapan mengoptimalkan hormon pertumbuhan sehingga memperlancar proses regenerasi kulit dan produksi kolagen.

Dengan tidur juga dapat mengurangi pelepasan hormon stres yang tentunya tidak baik bagi kulit. Jika fikiran kamu tidak stres maka kulit pun akan sehat. Mengelola stres juga dapat menghindari penyakit yang berhubungan dengan mental seperti depresi.

Demikianlah tips perawatan kulit agar awet muda yang jarang diketahui seiring dengan berjalannya waktu jika kamu rutin melakukan perawatan kulit seperti diatas makan akan mendapatkan hasil yang diinginkan yaitu mendapatkan kulit yang awet muda.

Beberapa orang memang memiliki kulit yang sehat dan bagus karena faktor genetika yaitu karena faktor turunan yang diturunkan dari orang tua atau keluarganya. Tetapi kamu jangan berkecil hati karena dengan perawatan yang rutin dan tepat dapat memperolehnya asalkan tekun, rajin dan sabar pada saat melakukan perawatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel