Inilah Beberapa Kesalahan Perawatan Kulit yang Sering Dilakukan

Untuk merawat kulit wajah agar terlihat bersih dan segar tentu bukanlah hal mudah, kita perlu perawatan rutin guna menjaga agar kulit tetap bersih dan sehat. Tanpa kita sadari banyak kesalahan yang sering kita lakukan justru membuat kesehatan kulit menjadi tidak baik. Agar kesalahan tersebut tidak terjadi lagi, anda harus mengetahui kesalahan apa saja yang harus dihindari guna menjadikan kulit sehat dan tentunya bersih dari segala noda.
Kesalahan Perawatan Kulit yang Sering Dilakukan
Ada dua perawatan kulit yang bisa anda lakukan yakni perwatan kulit dari luar dan dalam. Sebagai salah satu contoh perwatan kulit dari luar adalah kita harus rutin membasuh wajah serta memakai tabir surya guna melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet UVA dan UVB yang dapat berefek negatif terhadap kesehatan kulit. Sementara perawatan kulit dari dalam anda bisa menerapkannya dengan cara mengkonsumsi makanan sehat, mengkonsumsi air putih serta istirahat yang cukup.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam perawatan kulit

Dalam merawat kulit wajah tentunya harus diperhatikan beberapa hal, jangan sampai kebiasaan yang anda lakukan sehari-hari justru akan menjadikan kulit wajah menjadi tidak baik. Sebagai contoh kebiasaan yang sering kita temui adalah memencet jerawat yang justru akan memperburuk kesehatan kulit.

Ada juga beberapa hal lainnya yang mungkin kita sering lakukan dan dirasa sudah benar melakukan hal tersebut tetapi alangkah baiknya kita melakukan pengecekan kembali agar tidak salah kaprah dalam melakukan perwatan kulit wajah yang justru dapat menjadikan kulit kita tidak sehat.
Lalu kesalahan-kesalahan apa saja yang mungkin sering kita lakukan pada saat melakukan perwaran kulit wajah? Nah, berikut ulasaanya.

1. Perwatan kulit dengan bahan yang alami

Banyak kita jumpai berbagai produk perawatan kulit dengan label berbahan alami, mulai dari sekarang anda sebaiknya perlu mengkaji produk tersebut, karena tidak semua produk berlabel bahan alami otomatis terbebas dari bahan sintetis. Anda perlu memperhatikan komposisi produk yang digunakan. Bukan berarti bahan alami akan terbebas dari alergi atau iritasi, oleh karenanya anda harus tetap berhati-hati pada saat membelinya. Alangkah baiknya menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan keadaan kulit kita.

2. Memencet jerawat

Seperti yang sudah dikemukakan diatas kejadian memencet jerawat sering kita temui. Mulai dari sekarang hindari kegiatan ini karena dapat memperburuk kesehatan kulit. Jika kita memencet jerawat maka akan menyebabkan jerwat membengkak, meradang dan menjadikannya kemerahan sehingga akan meninggalkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan. Sampai yang terparah wajah kita akan timbul infeksi serta menimbulkan lubang-lubang kecil sehingga menjadikannya tidak enak dipandang.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

3. Perawatan mahal pasti lebih baik

Kesalahn perawan kulit yang sering kita lakukan yakni menganggap bahwa setiap produk yang dibandrol dengan harga mahal maka lebih baik dibandingkan dengan produk yang lebih murah. Mulai dari sekarang sebaiknya anda harus berfikir ulang karena pada umumnya setiap kandungan produk perawatan kulit yang murah dan mahal adalah sama.

4. SPF yang berlebihan

Semakin tinggi SPF maka semakin maksimal melindungi kulit dan mitos ini tidak benar karena untuk melindungi kulit dari sinar matahari seperti UVA dan UVB tidak sekedar kandungan SPF pada tabir surya saja, melainkan ada beberapa kandungan lainnya yang diperlukan agar bisa melindungi kulit secara maksimal. Anda bisa menggunakan tabir surya yang terkandung beberapa bahan diantaranya mengandung mexoryl, avobenzone atau oxybenzone, SPF 15 dan titanium dioksida agar perlindungan kulit menggunakan tabir surya tersebut bekerja secara maksimal.

5. Tidak perlu menggunakan pelembab jika kulit kita berminyak

Kesalahan selanjutnya yang sering dilakukan adalah menganggap bahwa kulit yang berminyak tidak perlu menggunakan pelembab dan beranggapan bahwa pelembab jika digunakan pada kulit berminyak akan memperparah keadaan. Mulai dari sekarang anggapan tersebut harus dikaji ulang karena meskipun kulit kita berminyak, pelembab akan tetap diperukan. Hanya saja dalam memilih produk pelembab harus diperhatikan beberapa hal seperti memilih produk yang memiliki kandungan squalene, asam hialuronat, gliserin dan berlabel oil-free.

Demikianlah beberapa kesalahan perawatan kulit yang sering dilakukan dan bahkan baru anda ketahui. Mulai dari sekarang, kita harus lebih selekif dalam melakukan perawatan kulit wajah. Jangan sampai perawatan yang awalnya dilakukan bertujuan untuk mempercantik wajah justru malah sebaliknya. Untuk mengetahui keadaan kulit yang sebenarnya , alangkah baiknya kita melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit agar perawatan yang kita lakukan bisa maksimal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel