Cara Perawatan Kulit Wajah Setiap Hari Agar Bersih Maksimal

Tampil dengan keadaan cantik merupakan cita-cita setiap wanita, untuk tampil dengan kulit yang bersih dan sehat tidaklah mudah perlu beberapa perawatan yang harus dilakuakan. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan kulit yakni faktor lingkungan dan faktor alami yakni usia.
Cara Perawatan Kulit Wajah Setiap Hari Agar Bersih Maksimal
Banyak para ahli kecantikan kulit mengungkapkan bahwa keehatan kulit begantung pada kebiasaan kita sehari-hari. Jika kebiasaan yang sering kita lakukan baik seperti istirahat secara teratur, minum air mineral secara cukup, sering mencuci muka secara rutin maka kesehatan kulit akan baik. Sebaliknya, jika gaya hidup kita tidak sehat seperti sering merokok dan memakan makanan yang tidak sehat maka kesehatan kulit pun tidak sehat.

Kulit pada tubuh manusia merupkan organ tubuh yang paling besar, hampir seluruh bagian tubuh dilapisi oleh kulit. Adapun bagian terluar dari kulit disebut dengan epidermis. Epidermis sendiri sangat berperan penting dalam melindungi kulit dari gangguan-gangguan luar yang dapat merusak. Setelah lapisan epidermis ada lapisan yang disebut dengan dermis atau juga disebut sebagai lapisan tengah kulit.

Terdapat tigas lapisan sel dari epidermis diantaranya yaitu:

  • Sel keratinocyte, memiliki peran untuk menghasilkan protein keratin dan akan berfungsi sebagai bagian utama dari epidermis
  • Sel melanocyte, memiliki peran untuk menghasilkan pigmen kulit dan biasa juga disebut dengan melanin.
  • Sel Langerhans, memiliki peran untuk mencegah masunya benda asing masuk kedalam kulit.

Pada lapisan tengah atau lapisan dermis terdapat protein kolagen serta elastin yang memiliki peran untuk memberikan struktur dan menghasilkan kelenturan kulit sehingga terlihat sehat.
Kulit melakukan regenerasi setiap 27 hari sekali. Meskipun regenerasi kulit cukup lama, tetapi kulit akan berubah secara konstan menjadi lebih baik atau sebaliknya tergantung pada berbagai faktor. Disinilah peran perawatan kulit secara rutin sangat penting guna menjaga dan mepertahankan kesehatan dari kulit itu sendiri.

Faktor apa sajakah yang dapat menyebabkan kulit rusak?

Seperti yang sudah disebutkan diatas ada beberapa faktor yang menyebabkan kulit bisa rusak diantaranya yakni faktor lingkungan dan faktor usia. Ada ahli kulit yang berpendapat bahwa paparan sinar matahari langsung dapat menyebabkan kerusakan pada kulit karena terdapat kandungan sinar UV dan radikal bebas terlebih pada saat cuaca terik. Paparan sinar UV atau ultraviolet pada sinar matahari dapat bersifat merusak seperti dapat merusak kandungan kolagen dan elastin pada kulit. Elastin sendiri memiliki peran membuat kulit terasa lembut dan kenyal.

Pancaran sinar ultraviolet pada matahari berpengaruh pada proses pigmentasi kulit sehingga akan menghasilkan bintik cokelat, munculnya keriput bahkan yang terparah bisa mengakibatkan kanker kulit. Banyaknya radikal bebas juga memiliki peran dalam menyebabkan kanker kulit. Selain sinar ultraviolet, gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan juga polusi pada kendaraan dapat mengurangi kandungan kolagen sehingga penuaan pada kulit lebih cepat. 

Ahli kulit lainnya juga mengemukakan bahwa ada faktor lingkungan lainnya yang dapat mengakibatkan kerusakan pada kulit, seperti paparan bahan-bahan kimia dapat mengakibatkan alergi serta iritasi pada kulit. Sekitar 3000 alergen dan bahan-bahan yang menyebaban iritasi pada kulit lainnya tersebar di sekitar kita. Terlebih kulit kita memiliki sensitifitas yang tinggi sehingga berakibat munculnya warna kemerah-merahan pada kulit.

Baca juga: Cara Merawat Wajah Berminyak Secara Alami

Untuk melindungi kulit dari bahan-bahan alergen tersebut kita bisa menghindar kontak secara langsung seperti melindungi tubuh dengan pakaian dan mengganti produk perawatan kulit yang dapat menyebabkan iritasi pada kulit.

Cara perawatan kulit secara alami

Cara mudah untuk merawat kulit secara alami dari dalam adalah dengan melakukan gaya hidup sehat seperti memakan makanan buah serta sayuran mengandung antioksidan. Contoh buah serta sayuran yang mengandung antioksidan yakni buah beri, wortel, bayam dan brokoli. Selain buah dan sayur juga anda bisa mengkonsumsi vitamin untuk merawat kulit agar tetap sehat seperti vitamin E dan Vitamin C.

Berikut ini adalah beberapa perawatan rutin sehari-hari yang bisa anda lakukan untuk menghasilkan kulit yang sehat.

1. Membersihkan Wajah

Dengan membersihkan wajah rutin setiap hari minimal dua kali sehari dapat membantu dan menjaga kesehatan kulit. Membersihkan wajah seperti sebelum tidur dan pada pagi hari bisa anda lakukan. Jika menggunakan make up pada siang hari, jika hendak mau tidur bersihkanlah riasan tersebut dari wajah anda.

2. Menggunakan pelembab

Gunakanlah pelembab untuk kulit, hal ini berlaku tidak hanya untuk kulit kering tetapi juga untuk kulit berminyak.

3. Memakai tabir surya

Pakailah tabir surya pada kulit anda untuk menjaga kesehatan kulit dari paparan sinar langsung matahari. Menggunakan tabir surya ini tidak hanya dipakai jika akan beraktifitas di luar ruangan, jika beraktifitas di dalam ruangan pun anda bisa menggunakan tabir surya ini. Nyatanya, perawatan inilah yang sangat penting dilakukan untuk melindungi kulit. Pilihlah tabir surya yang memiliki kandungan SPF 15 atau 30 guna melindungi kulit dari pancaran sinar UVA dan UVB.

4. Konsumsi makanan

Dengan mengkonsumsi makanan buah dan sayur sehat yang sudah disebutkan diatas seperti buah beri, wortel, bayam, brokoli dapat menjaga kesehatan kulit. Serta hindari juga fikiran stres yang berkepanjangan untuk menjaga kulit tetap sehat.

Untuk menghasilkan perlindungan kulit yang efektif dan maksimal, pilih produk losion yang sesuai dengan jenis kulit anda. Seperti kulit anda berminyak pakailah losion untuk mengatasi kulit berminyak guna menghindari kulit dari jerawat. Tetapi pada ujungnya, bagaimanapun jenis kulit kita berbagai ahli kulit mengemukakan bahwa kulit yang sehat tergantung pada gaya hidup serta perawatan kulit yang rutin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel