Cara Mudah Perawatan Kulit yang Berminyak


Kulit yang cerah dan bersih merupakan dambaan bagi setiap wanita hal ini merupakan aura yang baik bagi kecantikan seseorang. Namun tak sedikit juga yang mengeluh akan keadaan kulit berminyak dan terkadang menjadi tidak pede pada saat tampil di muka umum.

Cara Mudah Perawatan Kulit yang Berminyak

Kulit memang merupakan salah satu bagian yang harus diperhatikan terutama pada bagian wajah, tak heran setiap orang berlomba-lomba mencari perwatan kulit agar terlihat cantik tak terkecuali perwatan kulit yang berminyak.

Berbicara mengenai kulit yang berminyak tentunya tidak terlepas dari beberapa hal yang menjadikan kulit tersebut berminyak salah satunya adalah karena sebaceous atau kelenjar minyak pada permukaan kulit terlalu berlebih (aktif) dalam memproduksi minyak (sebum). Sebum atau minyak terdapat pada kulit diproduksi dari lemak yang terdapat pada tubuh seseorang.

Sebetulnya minyak pada kulit dapat bermanfaat untuk melembabkan kulit agar tidak kering tetapi jika produksi sebum yang berlebihan dapat menyebabkan jerawat karena pori-pori pada kulit tersumbat.
Tak hanya jerawatan saja ada efek lainnya jika produksi sebum yang berlebihan diantaranya yakni dapat menyebabkan kulit yang kusam, timbulnya komedo dan juga noda lainnya yang dapat mengganggu penampilan. Masalah kulit berminyak akibat produksi sebum ini tidak hanya pada usia remaja, tetapi pada usia berapapun dapat mengalami permasalahan tersebut.

Ada beberapa hal mengapa kulit bisa memproduksi minyak berlebih diantaranya yakni karena usia, jenis kelamin, faktor genetik, pola diet yang salah, perubahan hormon, stres, kondisi fisik, bahkan karena kebiasaan yang salah seperti mengsosok permukaan wajah terlalu kasar pada saat mencuci muka. Faktor cuaca juga dapat memperburuk keadaan kulit seperti terlalu lembab atau karena cuaca yang terlalu panas ditambah ketidak seimbangan hormon.

Lalu bagaimanakah perwatan yang maksimal untuk kulit yang berminyak?

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan pada saat perwatan kulit adalah pada saat memilih produk skincare seperti sabun pencuci wajah, serum, toner dan sebagainya. Untuk perwatan kulit yang berminyak tidaklah sama dengan perwatan kulit pada umunya.


Jika menggunakan produk untuk perwatan kulit atau skincare bagi kulit berminyak sebaiknya memilih produk yang memiliki label oil-free. Selain hal tersebut alangkah baiknya anda juga memilih kandungan dengan bahan yang alami seperti kandungan Witch Hazel Extract karena kandungan tersebut dapat berfungsi untuk mengecilkan pori-pori pada kulit wajah dan dapat menghambat proses produksi minyak dalam kulit sehingga kandungan tersebut sangat cocok bagi kulit yang berminyak.

Selain penting untuk mengetahui kandungan bahan yang digunakan dalam produk perwatan kulit, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu anda perhatikan dalam melakukan perwatan kulit berminyak seperti memilih kosmetik serta perwatan mingguan agar mendapatkan hasil yang maksimal tentunya. Nah, berikut ini adalah bebrapa tips untuk Perawatan Kulit yang Berminyak:  

1. Memilih skincare

Memilih produk Skincare atau produk perwatan kulit untuk kulit yang berminyak tidaklah sama dengan perwatan kulit lainnya. Seperti yang sudah disampaikan diatas pilihlah skincare seperti toner dan cleanser yang memiliki label oil-free, hal ini agar kulit anda bebaskilap. Selain memilih produk yang memiliki label oil-free, anda juga harus sedikit selektif seperti memilih skincare yang memiliki kandungan benzoyl peroxide atau asam salisilat guna menyerap kandungan minyak yang berlebih dan dapat membantu mengecilkan pori-pori kulit pada wajah.

2. Gunakan lotion yang dapat melindungi dari efek negatif sinar UVA dan UVB

Gunakanlah lotion yang dapat melindungi kulit wajah dari efek negatif sinar UVA dan UVB. Hindari juga paparan sinar matahari langsung terutama pada saat cuaca terik dengan cara menggunakan pakaian atau topi yang dapat mengurangi paparan sinar matahari langsung terhadap kulit.

3. Menggunakan pelembab

Meskipun kulit berminyak, anda tetap harus menggunakan pelembab. Gunakanlah pelembab yang ringan bagi kulit dan bebas dari minyak. Selain itu juga anda bisa menggunakan pelembab yang dapat mengurangi efek penuaan pada wajah, sehingga anda akan tetap merasa muda dalam usia berapapun. Untuk hasil yang maksimal gunakan moisturizer atau pelembab kulit pada malam dan pagi hari.

4. Memilih facial foam (sabun untuk mencuci muka)

Dalam memilih sabun untuk mencuci muka yang berminyak gunakan facial foam yang lembut, karena jika sabun muka yang digunakan memiliki tekstur yang keras dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan menyebabkan produksi minyak berlebih. Meskipun anda sering mencuci muka tak berati kulit akan bebas dari minyak. Oleh karenanya cukup mencuci muka dua kali dalam sehari yakni pada malam sebelum tidur dan pagi hari.

5. Menggunakan obat jerawat

Jika kulit anda berminyak dan berjerawat sebaiknya pilihlah obat jerawat (obat luar) yang langsung digunakan pada lokasi jerwat. Obat tersebut akan bekerja untuk mengurangi produksi minyak pada kulit serta dapat mempercepat regenerasi sel kulit, melawan bakteri dan dapat mengurangi peradangan dalam mencegah jaringan parut.

6. Memilih kosmetik yang bebas dari minyak 

Gunakanlah kosmetik dengan bahan water-based yang memiliki label non-comedogenic atau dengan bahan dasar oil-free. Kosmetik seperti bedak yang terbuat dari bahan mineral biasanya cocok bagi kulit yang berminyak.

7. Gunakan Kertas Minyak

Kertas minyak yang berbentuk kertas tipis ini memiliki manfaat bagi kulit wajah anda yang berminyak. Kertas ini memiliki fungsi untuk menyerap minyak yang berlebih sehingga wajah akan terlihat bebas kilap. Gunakanlah kertas minyak ini sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa untuk tidak menggosok wajah dengan kertas ini terlalu keras agar tidak terjadi infeksi.

8. Perwatan Mingguan

Lakukanlah perwatan mingguan dengan melakukan masker atau scrubbing. Jika anda sering melakukan perawatan kulit ke dokter spesialis kulit maka bisa melakukan chemical peeling atau melakukan perwatan wajah menggunakan laser.

Selain hal-hal diatas, gaya hidup yang sehat dan seimbang dapat membantu perawatan kulit yang berminyak dan akan terlihat cantik dengan kulit yang fresh serta sehat. Hindari juga gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan rajin mencuci muka setiap hari. Jika menggunakan make up bersihkanlah make up tersebut jika anda hendak tidur. 

Jaga juga makanan yang dapat memicu produksi sebum berlebih seperi produk dari olahan susu, karbohidrat yang mengandung muffin, makanan manis, roti dan lain sebagainya. Asam Lemak seperti Omega 3 dapat membantu mengurangi tumbuhnya jerawat pada wajah karena dalam minyak tersebut mengandung bahan yang bersifat anti-inflamasi. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel