5 Cara Simpel Perawatan Kulit Berminyak di Rumah

Minyak pada kulit wajah kita sebenarnya dapat berfungsi untuk melindungi kulit itu sendiri. Namun, masalahnya timbul ketika minyak tersebut muncul secara berlebihan di wajah sehingga dapat mengakibatkan timbulnya jerawat. Selain karena kulit berminyak, jerawat juga bisa timbul karena aktivitas hormon serta keadaan fikiran yang stres. Wanita hamil yang meminum pil kontrasepsi pun rentan muncul jerawat di bagian wajahnya.
Perawatan Kulit Berminyak di Rumah
Ada kabar baiknya ketika seseorang memiliki kulit berminyak yakni sedikitnya muncul keriput di bagian wajah sehingga anda akan terlihat lebih muda dibandingkan dengan orang yang memiliki kulit normal maupun kering. Tetapi jenis kulit yang memiliki minyak berlebih harus mendapatkan perhatian ekstra karena harus menjaga kebersihan wajah agar tidak terlalu banyak noda yang dapat menimbulkan jerawat.

Nah, berikut ini adalah 5 Cara Simpel Perawatan Kulit Berminyak di Rumah yang bisa anda terapkan:

1. Mencuci muka secara rutin

Cara mudah yang paling awal adalah dengan mencuci muka secara rutin minimal dua kali sehari. Jika memungkinkan cucilah muka dengan air hangat karena air hangat dapat mengangkat minyak lebih maksimal pada wajah dibandingkan dengan air dengan suhu biasa.

Setelah dibilas pakailah pembersih wajah yang sesuai dengan kondisi kulit kita. Bisa menggunakan sabun cair maupun sabun batangan, keduanya bisa anda gunakan untuk membantu membersihkan wajah. Sabun batangan untuk wajah sebenarnya lebih efektif untuk mengaangkat minyak pada wajah, tetapi ada juga banyak sabun cair yang memiliki kemampuan sama.

Pilihlah sabun untuk wajah yang memiliki formula anti bakteri serta dipadukan dengan benzoil peroksida atau triclosan, karena formula ini terbukti dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Selain itu juga gunakan sabun pembersih wajah yang mengandung bahan dari AHA (asam alpha-hidroxy) seperti asam glikolat, asam laktat atau asam sitrat. Formula asam alpha-hidroxy dapat mampu mengangkat lapisan sel kulit mati dan dapat mengurangi produksi minyak pada pori-pori kulit.

2. Pilihlah makeup yang sesuai

Jika hendak mengunakan makeup, pilihlah makeup dengan label loose face powder dan hindari menggunakan makeup dengan label pressed powder karena akan mengakibatkan noda pada muka dan bisa meinmbulkan terjadinya jerawat pada kulit yang berminyak.

Gunakan juga kertas penyerap minyak wajah atau kertas blotting paper untuk menyerap minyak pada wajah. Kertas ini dapat anda beli di toko kecantikan atau toko perawatan kulit sebagai pertolongan awal dalam membersihkan wajah berminyak anda.

3. Menggunakan masker anti minyak

Salah satu manfaat dari putih telur ayam yakni bisa digunakan untuk masker wajah berminyak. Putih telur dapat dipercaya memiliki khasiat yaitu mengencangkan kulit wajah serta dapat menyerap minyak. Putih telur ini bisa anda manfaatkan sebagai pilihan untuk masker alami.

Cara membuatnya sangatlah mudah, yakni campurkan putih telur dengan satu sendok teh madu alami kemudian aduk secara merata. Terakhir campurakan tepung secukupnya agar adonan yang tadi terlihat kental. Oleskan pada wajah secara merata kemudian diamkan hingga kering sekitar sepuluh menit dan terakhir bilaslah dengan air hangat.

Masker alami lainnya yang bisa anda gunakan adalah jus lemon yang dicampurkan dengan zat dari buah apel. Adapun cara membuatnya yakni masukan buah apel ke dalam panci kemudian diamkan sampai mendidih sampai terlihat lembut. Setelah itu hancurkan apel kemudian masukan satu sdt teh jus lemon serta satu sdt minyak lavender atau minyak papermint. Setelah itu oleskan ke wajah secara merata dan diamkan sekitar 5 menit lalu bilaslah dengan air hangat.

4. Meracik toner sendiri

Setelah melakukan pencucian muka, selanjutnya bisa mengoleskan toner pada wajah. Anda bisa merendam kapas yang diolesi dengan minyak berformula witch hazel untuk perawatan wajah berminyak. Caranya yakni dengan merendamkan kapas tadi kedalam formula witch hazel dan oleskan pada wajah. Gunakan cara ini setiap dua kali dalam sehari rutin dari dua sampai tiga minggu.

Setelah tiga minggu digunakan, cukup satu kali dalam sehari. Formula Witch hazel mengandung tanin serta memiliki efek astringent dan berfungsi untuk membuat pori-pori kulit menjadi lebih kencang dan secara otomatis minyak pada kulit akan keluar.

Selain cara tadi, anda juga bisa menggunakan daun mint untuk membuat racikan toner sendiri dan tentunya bisa membantu merawat wajah berminyak. Caranya dengan merendam daun mint tersebut selama 30 menit kemudian ambil air ekstraknya saja. Setelah dingin, oleskan ke seluruh bagian wajah yang anda inginkan secara merata. Cairan daun mint tersebut bisa bertahan selama lima hari jika disimpan pada kulkas dan bisa bertahan selama tiga hari jika disimpan pada suhu ruangan.

5. Menggunakan scrub

Perawatan wajah berminyak selanjutnya adalah dengan menggunakan scrub atau butiran-butiran halus yang dapat membantu untuk menyerap minyak pada wajah dan dapat menyingkirkan sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Kegiatan ini bisa anda lakukan secara rutin setiap hari sebagai perawatan kulit berminyak.

Untuk membuat scrub anda bisa menggunakan 2 sendok teh oatmeal kering dan kemudian digiling. Setelah itu campurkan dengan minyak witch hazel sehingga menjadi adonan yang kental. Selanjutnya oleskan ke seluruh bagian muka secara merata sambil memijatnya secara lembut dan perlahan. Jika sudah berishkan muka dengan air hangat.

Demikianlah 5 Cara Simpel Perawatan Kulit Berminyak di Rumah semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu perawatan wajah berminyak anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel